Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Layanan Akta Lahir

AKTA LAHIR


PENERBITAN KUTIPAN AKTA KELAHIRAN

 

I. Persyaratan

 

1. Persyaratan Pencatatan Kelahiran WNI :

 a. Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/Bidan/Petugas Persalinan/STPJM

 b. Fotocopy KTP Saksi Kelahiran (2 orang) selain orang tua kandung

 c. Fotocopy KTP orang tua/Surat keterangan kematian;

 d. Surat nikah orang tua yang dilegalisir oleh KUA domisili setempat/Akta Perkawinan (bagi non muslim);

 e. Foto copy Kartu Keluarga Nasional.

 f.  Nomor HP dan alamat email.

2. Persyaratan pencatatan Kelahiran yang tidak diketahui asal usulnya atau keberadaan orang tuanya :

 a. Melampirkan berita acara pemeriksaan (BAP) dari kepolisian;

 b. Menggunakan STPJM kebenaran data kelahiran yang ditanda tangani wali/penanggung jawab;

 c. Mengisis F2.01 yang ditanda tangani oleh pemohon dan 2 orang saksi

 d. Foto copy KK dan KTP pelapor.

 f.  Nomor HP dan alamat email.

3.  Persyaratan Pencatatan Kelahiran WNA :

 a. Mengisi Formulir pelaporan kelahiran orang asing;

 b. Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/Bidan/Penolong Kelahiran (Asli)

 c. Fotocopy KK dan KTP orang tua bagi pemegang izin tinggal tetap;

 d. Surat keterangan tempat tinggal orang tua bagi mepegang izin tinggal terbatas dan/atau;

 e. Passport bagi pemegang izin kunjungan.

 f.  Nomor HP dan alamat email.

4. Persyaratan Pencatatan Kelahiran di luar wilayah NKRI :

 a. Surat keteranagan lahir dari penolong kelahiran;

 b. foto copy passport RI orang tua

 c. Kutipan akata perkawinan/buku nikah atau bukti tertulis perkawinan orang tua.

 d. Nomor HP dan alamat email.

 

II. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

a.  Pemohon mengambil nomor antrian dan menunggu untuk dipanggil;

b.  Petugas memanggil pemohon sesuai nomor antrian;

c.  Petugas menerima berkas dan melakukan verifikasi kalau lengkap dilanjutkan kalau kurang lengkap dikembalikan untuk diperbaiki/dilengkapi.

d.  Petugas mencatat ke dalam buku agenda berkas masuk termasuk nomor HP pemohon;

e.  Petugas operator melakukan proses pengentrian data serta melakukan pengajuan verifikasi data;

f.   Petugas operator melakukan scanner berkas yang lolos verifikasi

g.  Kepala Seksi melakukan verifikasi dan validasi data akta kelahiran serta mengajukan penanda tanganan akta kelahiran secara elektronik

h.  Kepala Bidang menyetujui/aproov;

i.   Kepala Dinas menandatangani Kutipan Akta Kelahiran secara elektronik.

j.   Operator mencetak kutipan akta kelahiran.

k.  Petugas loket menyerahkan kutipan akta kelahiran kepada pemohon

l.   Nomor HP dan alamat email.

 

III.  Jangka Waktu Pelayanan 1 (satu) hari

IV.  Biaya/Tarif Tidak dikenakan biaya (gratis)

V.   Produk Pelayanan Akta Kelahiran

VI.  Penanganan Aduan, Saran dan masukan

1. Kotak saran

2. Website : http://dukcapil.bimakota.go.id

3. Call Center Layanan Dukcapil : 082340649368

4. Facebook : DukcapilKota Bima

5. Email : dukcapilkobi5272@gmail.com