Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Layanan Akta Mati

SYARAT PEMBUATAN AKTA KEMATIAN


I.  Persyaratan

1. Persyaratan Pencatatan Kematian bagi Warga Negara Indonesia :

 a. Surat Kematian (visum) dari dokter/petugas kesehatan, surat keterangan kematian dari kelurahan;

 b. Foto copy Kartu Keluarga;

 c. Fotocopy KTP -el 2 orang saksi.

 d. Nomor HP dan alamat email.

2. Pencatatan Kematian bagi Warga Negara Asing sebagai berikut :

 a. Surat Kematian (visum) dari dokter / petugas kesehatan, Surat Keterangan Kematian dari Lurah;

 b. Foto copy KK dan KTP yang bersangkutan bagi Orang Asing yang berstatus tinggal terbatas;

 c. Foto copy Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal;

 d. SKTT yang bersangkutan bagi Orang Asing dengan status tinggal terbatas;

 e. Dokumen imigrasi yang bersangkutan bagi Orang Asing dengan ijin singgah atau visa kunjungan.

 f.  Nomor HP dan alamat email.

 

II. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

a. Petugas menerima berkas dari pemohon

b. Petugas melakukan verifikasi kalau lengkap dilanjutkan kalau kurang lengkap dikembalikan untuk diperbaiki/dilengkapi;

c. Petugas mencatat ke dalam buku agenda berkas masuk;

d. Petugas operator melakukan scanner berkas yang lolos verifikasi

e. Petugas operator memvalidasi data,

f.  Kepala Seksi melakukan verifikasi dan validasi data  akta kelahiran serta mengajukan penanda tanganan akta kelahiran secara elektronik

f.   Kepala Bidang menyetujui/aproov;

g. Kepala Dinas menandatangani Kutipan Akta Kelahiran secara elektronik.

h. Petugas loket menyerahkan kutipan akta kematian kepada pemohon.

 

 

III. Jangka Waktu Pelayanan 1 (satu) hari

IV.  Biaya/Tarif Tidak dikenakan biaya (gratis)

 V.  Produk Pelayanan Kutipan Akta Kematian

VI. Penanganan Aduan, Saran dan masukan

1. Kotak saran

2. Website : http://dukcapil.bimakota.go.id

3. Call Center Layanan Dukcapil : 082340649368

4. Facebook : DukcapilKota Bima

5. Email : dukcapilkobi5272@gmail.com