Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Layanan KK

LAYANAN KK


PENERBITAN KARTU KELUARGA (KK)

I.     Persyaratan

 

1. Penerbitan KK baru, dilakukan setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

 a. Mengisi formulir F1.01 isian KK yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga serta ditandatangani dan dicap Lurah;

 b. Foto copy Kutipan Akta Perkawinan/Akta Perceraian/Buku Nikah;

 c. Foto copy Kutipan Akta Kelahiran;

 d. Bagi anak hasil perkawinan campuran yang sah dari salah satu orang tuanya Orang Asing yang lahir sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, harus     mendapat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM tentang Pendaftaran Anak untuk memperoleh Kewarganeraan Republik Indonesia;

 e. Surat Keterangan Tempat Tinggak (SKTT) untuk WNA yang Tinggal Terbatas;

 f.  Surat keterangan pindah/surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah/datang  dalam  wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

 g. surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah;

 h. foto copy ijin tinggal tetap bagi Orang Asing.

  i. Nomor HP dan alamat email.

2. Perubahan KK karena perubahan anggota keluarga dalam KK bagi penduduk yang mengalami perubahan data kelahiran anak dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :

 a. KK lama;

 b. foto copy Kutipan Akta Kelahiran/surat kelahiran/STPJM kelahiran.

 c. Foto copy akta nikah yang dilegalisisr oleh KUA.

 d. Nomor HP dan alamat email.

3. Perubahan KK karena perubahan elemen data kependudukan (perubahan status perkawinan, perubahan nama, pekerjaan, agama, dan lain-lain) bagi penduduk WNI, wajib dilakukan perubahan setelah memenuhi syarat sebagai berikut :

 a. KK lama;

 b. foto copy Kutipan Akta Perkawinan/Buku Nikah dilegalisir;

 c. foto copy Kutipan Akta Perceraian/Putusan Penetapan Pengadilan tentang perceraian;

 d. foto copy Kutipan Akta Kematian;

 e. foto copy Kutipan Akta Kelahiran yang berdasarkan Penetapan Pengadilan (Catatan Pinggir);

 f. foto copy putusan perubahan agama dari lembaga yang berwenang;

 g. foto copy dokumen pendukung lainnya.

 h. Nomor HP dan alamat email.

4.  Perubahan KK karena penambahan anggota bagi Orang asing yang memiliki ijin tinggal tetap untuk  menumpang KK WNI atau Orang Asing :

 a. KK lama atau KK yang ditumpangi;

 b. mengisi formulir isian KK yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga serta ditandatangani dan dicap Lurah;

 c. Kepala Keluarga serta ditandatangani dan dicap Lurah;

 d. Foto copy Pasport;

 e. Foto copy Ijin Tinggal Tetap;

 f.  Surat keterangan lapor diri dari Lurah.

 g. Nomor HP dan alamat email

5. Perubahan KK karena pengurangan anggota keluarga dalam KK bagi WNI dan Orang Asing :

 a. KK lama;

 b. foto copy Kutipan Akta Kematian atau;

 c. surat keterangan pindah bagi penduduk WNI dan WNA yang pindah dalam wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia.

 d. Nomor HP dan alamat email

6. Penerbitan KK karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI dan Orang Asing :

 a. surat keterangan hilang dari kepolisian dan foto copy KK yang lama;

 b. copy KK yang lama;

 c. KK yang rusak;

 d. foto copy Dokumen Kependudukan dari salah satu anggota keluarga;

 e. foto copy dokumen keimigrasian bagi orang asing.

 f.  Nomor HP dan alamat email

 

II. Sistem, Mekanisme dan Prosedur

a. Pemohon mengambil nomor antrian lalu mengisi formulir isian KK yang ditandatangani oleh  Kepala Keluarga serta ditandatangani dan dicap oleh Perbekel/Lurah;

b.  Pemohon menunggu dipanggil diruang tunggu untuk dipanggil;

c.  Petugas counter memanggil nomor antrian secara berurutan;

d.  Pemohon menyerahkan berkas permohonan kepada petugas counter

e.  Petugas counter melakukan verifikasi berkas dan menyerahkan berkas kepada operator;

f.   Petugas Operator menerima dan memverifikasi berkas persyaratan yang diajukan oleh pemohon;

g.  Petugas Operator memasukkan data serta menerbitkan draft KK;

h.  Kepala Seksi dan Kepala Bidang memeriksa dan membubuhkan paraf pada draft KK;

i.   operator mencetak dokumen KK;

j.   Dokumen KK ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana ;

k.  Pemohon menerima Kartu Keluarga (KK).

 

III.  Jangka Waktu Pelayanan 1 (satu) hari

IV.  Biaya/Tarif Tidak dikenakan biaya (gratis)

V.   Produk Pelayanan Kartu Keluarga (KK)

VI.  Penanganan Aduan, Saran dan masukan

1. Kotak saran

2. Website : http://dukcapil.bimakota.go.id

3. Call Center Layanan Dukcapil : 082340649368

4. Facebook : DukcapilKota Bima

5. Email : dukcapilkobi5272@gmail.com